Laboratorium Dasar

LABORATORIUM FISIKA TERAPAN

Kepala Laboratorium : MOHAMAD MIRWAN , ST., MT.
Laboran: Toni Ika Aritosa

Merupakan salah satu laboratorium untuk menunjang kegiatan praktikum mahasiswa pada mata kuliah Fisika Terapan yang diberikan pada semester II (Dua).

Deskripsi Umum Kegiatan

Secara umum laboratorium ini digunakan sebagai sarana praktikum mahasiswa yang mengambil mata kuliah Fisika Terapan dimana dalam praktikum ini diharapkan dapat menjelaskan konsep-konsep dasar Hukum Fisika melalui uraian dengan menggunakan sarana praktikum untuk membuktikan adanya arus listrik, hukum gauss, potensial listrik, panas, getaran dan gelombang, bunyi, optik, GGl induksi serta arus bolak balik, viskositas zat cair, Fluida

Materi Pratikum

Materi Praktikum untuk laboratorium Fisika Terapan meliputi :

  • Pengukuran Tegangan Permukaan
  • Massa Jenis
  • Tetapan Pegas
  • Viskositas Zat Cair
  • Pesawat Atwood
  • Indeks Bias Lensa
  • Zat Cair Dan Kelembaban Udara

KEPALA LABORATORIUM: MOHAMAD MIRWAN, ST., MT
LABORAN: TONI IKA ARITOSA

Merupakan laboratorium dasar bagi mahasiswa Teknik Lingkungan Semester II (Dua). Laboratorium Kimia Lingkungan merupakan sarana bagi mahasiswa untuk mengimplementasikan materi kuliah Kimia Lingkungan yang di peroleh pada semester I dan II.

Deskripsi Umum Kegiatan

Pada praktikum ini mahasiswa diberikan materi pengenalan awal terhadap peralatan gelas maupun peralatan instrument dan berbagai jenis bahan kimia serta karakteristiknya di Laboratorium Lingkungan. Mahasiswa diharapakan dapat memahami fungsi dan menggunakan peralatan gelas dan instrument secara benar. Mahasiswa juga diharapkan dapat memahami bentuk bahan kimia serta karakteristiknya guna melakukan analisa awal dari sampel yang digunakan dalam kegitan praktikum. Praktikum Kimia Lingkungan ini berkaitan dengan analisa – analisa sederhana untuk mengidentifikasi karakteristik sampel air yang digunakan.

Materi Praktikum

Materi praktikum Kimia LIngkungan, meliputi : Pengenalan Laboratorium (pengenalan peralatan gelas dan instrument), Pembuatan Larutan (pembuatan larutan dari bahan Kristal / padat dan pengenceran), Volumetri (melakukan standarisasi terhadap bahan sekunder dengan metode volumetric), Instrumental (penggunaan alat instrument untuk analisa karakteristik sampel air), Gravimetri (analisa padatan), Asiditas – Alkalinitas, Analisa Kesadahan, Isoterm Langmuir dan Analisa Kualitatif.

KEPALA LABORATORIUM : MOHAMAD MIRWAN, ST., MT

LABORAN: TONI IKA ARITOSA

Merupakan laboratorium untuk menunjang kegiatan praktikum mahasiswa pada matakuliah Gambar Teknik yang diberikan pada semester II (Dua).

Deskripsi Umum Kegiatan

Secara umum laboratorium ini digunakan sebagai sarana praktikum mahasiswa yang mengambil matakuliah Gambar Teknik dengan menggunakan program Auto Cad untuk menggambar baik 2 dimensi maupun 3 dimensi instalasi dan bangunan dalam bidang Teknik Lingkungan antara lain ; gambar dalam sistem plambing, sistem distribusi air minum, sistem penyaluran air buangan, bangunan pengolahan air minum dan bangunan pengolahan air buangan.

Materi Pratikum

Materi Praktikum dari Gambar Teknik meliputi materi 2D dan 3D dari fungsi Auto CAD sebagai salah satu perangkat lunak pendukung dalam bidang Gambar Teknik, hal-hal yang akan dipelajari antara lain:

  • 2 Dimensi :    Draw, Modify, Plot, Zoom, Dimensi, Layout, Dimension, Propeties, Standar, Layer, Zoom, Text, Modeling
  • 3 Dimensi :   View, Orbit, Solid Editing, dan Visual Style

KEPALA LABORATORIUM: FIRRA ROSARIAWARI, ST.,MT
LABORAN: TONI IKA ARITOSA

Laboratorium Perpetaan merupakan kegiatan praktikum untuk mengimplementasikan mata kuliah perpetaan di Semester IV (empat). Kegiatan praktikum ini dilakukan di luar ruangan (out Door). Dalam praktikum ini diharapkan mahasiswa mempunyai keahlian dalam menggunakan alat theodolit serta mencatat hasil pengukuran yang didapat. Hasil pengukuran tersebut digunakan mahasiswa untuk menghitung kontur tanah di lokasi kegiatan praktikum yang telah ditentukan.

Deskripsi Umum Kegiatan

Pengukuran level muka tanah atau kontur tanah adalah kegiatan yang dilakukan pada Laboratorium Perpetaan. Laboratorium perpetaan ini merupakan laboratorium out door. Tujuan pelaksanaan praktikum ini adalah untuk mengetahui kontur tanah guna rancangan sistem drainase, peletakkan rancangan instalasi pengolahan air limbah maupun air minum.

Materi Praktikum

Materi praktikum meliputi, pengenalan theodolit, pengukuran jarak, pengukuran beda tinggi, penentuan elevasi, penentuan azimuth, perhitungan elevasi, perhitungan koordinat polygon, kontur dan profil hidroulis.

Fasilitas

Peralatan yang digunakan untuk Laboratorium Perpetaan antara lain Theodolit, Waterpass, GPS (Global Positioning System), Kompas, dll.

KEPALA LABORATORIUM : MOHAMAD MIRWAN, ST., MT
LABORAN : TONI IKA ARITOSA

Merupakan salah satu laboratorium untuk menunjang kegiatan praktikum mahasiswa pada mata kuliah Mikrobiologi Lingkungan yang diberikan pada semester IV (Empat)

Deskripsi Umum Kegiatan

Secara umum laboratorium ini digunakan sebagai sarana praktikum mahasiswa yang mengambil matakuliah Mikrobiologi Lingkungan dimana dalam praktikum ini diharapkan dapat menjelaskan keterkaitan antara mikrobiologi dan bidang teknik lingkungan, khususnya prinsip-prinsip dasar yang berkaitan dengan masalah sanitasi, kesehatan masyarakat, korosi, dasar-dasar bioproses untuk pengolahan limbah cair dan limbah padat.

Materi Praktikum

Materi Praktikum untuk Mikrobiologi Lingkungan meliputi :

  • Teknik sterilisasi
  • Teknik pembuatan media cair dan media padat
  • Teknik identifikasi mikroorganisme
    Teknik identifikasi produk metabolisme
  • Teknik-teknik penentuan tingkat pencemaran air : metoda Most Probable Number
  • Pengaruh suhu dan bahan kimia terhadap pertumbuhan mikroorganisme.
Total visitor: 1126