Print this page

Laboratorium Statistik Lingkungan

Written by 

LABORATORIUM STATISTIK LINGKUNGAN

 

KEPALA LABORATORIUM     : FIRRA ROSARIAWARI, ST., MT.

LABORAN                          :  JULI WINARTI, ST

 

Kegiatan praktikum di Laboratorium Statistik Lingkungan merupakan kegiatan praktikum untuk mahasiswa semester VI (enam). Praktikum yang dilakukan adalah mengenalkan mahasiswa perangkat lunak (software) yang digunakan untuk menganalisa data hasil penelitian.  Pada praktikum ini diharapkan mahasiswa mampu menganalisa data – data penelitian hingga membuat suatu keputusan atau kesimpulan akan data – data penelitian tersebut.

 

Deskripsi Umum Kegiatan

 

Laboratorium yang digunakan bagi mahasiswa untuk menganalisa data – data hasil penelitiannya dengan menggunakan beberapa software. Beberapa software yang digunakan antara lain adalah minitab dan SPSS. Mahasiswa diharapkan mampu berpikir kritis terhadap data – data penelitian, dimulai dari membuat hipotesis, menguji hipotesis hingga mampu membuat suatu kesimpulan atau keputusan terhadap hipotesis dari data – data penelitian tersebut.

 

Materi Praktikum

 

Materi praktikum meliputi, uji normalitas, analisis korelasi, analisa deskriptif, regresi linier (linier sederhana dan linier berganda), analisis kovarian (Anova One way dan Two Way), cluster, Analisa of Means (ANOM) dan General Linier Models,.

 

Fasilitas 

 

Peralatan yang digunakan untuk Laboratorium Statistik Lingkungan, berupa 20 unit komputer dengan prosesor i5 dan software SPSS serta Minitab